Laman

Rabu, 24 November 2010

ANALISA SWOT


1.      IDIOLOGI
Idiologi bangsa Indonesia adalah pancasila, hal yang menarik adalah pancasila asli merupakan kristalisasi nilai nilai luhur budaya bangsa Indonesia, bukan hal yang sulit memahami dan melaksanakan pancasila sebagai idiologi bangsa. Tetapi dalam masa sekarang ini menghalangi rakyat indonesia untuk mempelajari idiologi-idiologi lain yang ada. Hal ini dapat terjadi karena pancasila bukan satu-satunya idiologi yang dapat dipelajari secara bebas oleh rakyat Indonesia yang mengakibatkan munculnya pemikiran-pemikiran baru untuk mengganti pancasila dengan idiologi lain seperti Liberal, Kapitans, komunis maupun Agama.
-          Kelebihan      : Asli Idiologi Indonesia
-          Kelemahan     : keterbukaan bersifat tidak mutlak
-          Peluang          : revitalisasi ideologi
-          Ancaman       : Ketimpangan Pembangunan

2.      POLITIK
Politik Indonesia adalah politik Pancasila yang senantiasa mengedepankan musyawarah untuk mupakat dalam setiap pengambilan keputusan, sehingga kepentingan semua pihak dapat terakomodasi. Kondisi ini berbeda dengan demokrasi barat yang mengedepankan mekanisme voting dengan metode “one man one vote” yang menurut mereka sesuai dengan konsepsi “vox populi vox deo” atau suara rakyat adalah suara Tuhan. Berbeda dengan mekanisme musyawarah untuk mupakat yang lebih memakan waktu, mekanisme voting dapat dilaksanakan dalam waktu relative singkat, hanya saja akan ada pihak yang kecewa karena kepentingannya tidak terakomodasi yang berpotensi menimbulkan perpecahan.
-          Kelebihan      : semua kehendak terakomodasi
-          Kelemahan     : waktu relatif lama
-          Peluang          : didukung semua pihak
-          Ancaman       : memakan biaya yang tinggi

3.      EKONOMI
Indonesia merupakan Negara yang memiliki sumber daya alam yang banyak yang berpotensi menghasilkan semua produk kebutuhan hidup rakyat Indonesia. Hanya saja rakyat Indonesia “gila merk” dalam mengkonsumsi kebutuhannya lebih memaki bahan bermerk luar negri yang sebenarnya dapat diproduksi oleh bangsa Indonesia sendiri. Akibat yang timbul adalah sifat pemborosan dan kesulitan pemupukan modal/capital oleh bangsa Indonesia.
-          Kelebihan      : sumber bahan baku
-          Kelemahan     : mental
-          Peluang          : semua peroduk dapat diproduksi
-          Ancaman       :  boros

4.      SOCIAL
Indonesia merupakan Negara kepulauan dengan jumlah pulau yang ribuan serta topografi medan yang beragam heterogenitas kondisi alam menghasilkan keanekaragaman budaya dimana setiap budaya akan menghasilkan tata nilai maupun norma yang berbeda. Intraksi antara budaya yang berbeda berpotensi mengakibatkan benturan budaya yang dilandasi oleh prasangka yang timbul dari setiap budaya-budaya yang apabila terus dibiarkan akan mengakibatkan disentegrasi positifnya heterogenitas budaya dapat menjadi aset wisata y ang luar biasa. Salah satu contoh adalah Bali yang termasyur dengan kekayaan budayanya.
-          Kelebihan      : heterogen
-          Kelemahan     : perbedaan tata nilai
-          Peluang          : pariwisata
-          Ancaman       : disintegrasi

Pertahanan keamanan
Sebagai sebuah Negara Indonesia sebenernya sebenernya kaya, hanya beragamnya sector-sektor kebutuhan yang harus dipenuhi membuat pembiayaan untuk pos pertahanan dan keamanan memiliki limit yang terbatas karena harus berbagi dengan sector-sektor kebutuhan yang lain. Positifnya bahwa minimnya anggaran tersebut sedikit banyak tertolong oleh kondisi kuantitas penduduk Indonesia yang memungkinkan untuk memilih yang terbaik dalam proses rekruitmen personel tentara maupun polisi
-          Kelemahan     : kuantitas penduduk
-          Kelemahan     : ekonomi dan pertahanan minim
-          Peluang          : alternatif rektuitmen personil
-          Ancaman       : persenjataan yang tertinggal, disentegrasi

TUGAS KULIAH

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar